Program Studi Teknik Kimia


Teknik Kimia merupakan cabang dari Ilmu Teknik (Engineering) yang menerapkan sains alam (Kimia dan Fisika) dan sains kehidupan (Biologi, Mikrobiologi, dan Biokimia) bersama – sama dengan Matematika dan Ekonomi untuk menghasilkan, mentransformasi, serta menggunakan bahan – bahan kimia, material, dan energi untuk menjadi produk dengan nilai ekonomi yang lebih tinggi.
Program Studi Teknik Kimia Universitas Pertamina mempersiapkan mahasiswa untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan global melalui penerapan teknologi dengan tetap memprioritaskan aspek ekonomi, lingkungan dan sosial. Cakupan keilmuan Teknik Kimia meliputi desain, analisis, optimisasi dan pengendalian proses industri kimia, analisis manajemen risiko berdasarkan aspek ekonomi, lingkungan dan sosial.

Program Studi Teknik Kimia Universitas Pertamina telah mendapatkan akreditasi B berdasarkan surat keputusan bernomor 1467/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019. Sebuah capaian yang luar biasa, karena Program Studi Teknik Kimia Universitas Pertamina baru berdiri di tahun 2016.

Visi Program Studi Teknik Kimia Universitas PERTAMINA adalah :

“Menjadi program studi teknik kimia bereputasi global yang mengamalkan tridharma perguruan tinggi untuk membentuk pemimpin-pemimpin berkarakter unggul demi kemandirian serta kemajuan bangsa dan negara”

Misi Program Studi Teknik Kimia Universitas PERTAMINA adalah:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan yang memfasilitasi mahasiswa dalam penguasaan keilmuan teknik kimia sehingga mampu melakukan rekayasa teknik; serta berperan aktif dalam pengembangan karakter mahasiswa yang berintegritas dan professional.
  2. Menyelenggarakan riset dan kolaborasi industri yang berfokus pada pengembangan teknologi berkelanjutan guna menjawab tantangan global terkait lingkup keahlian teknik kimia, khususnya di bidang energi.
  3. Memberikan sumbangsih pemikiran serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat di tingkat nasional maupun global.

Teknik Kimia Universitas Pertamina memiliki kedekatan dengan teknologi dan bisnis energi. Serta memiliki kurikulum yang dirancang agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari mata kuliah melalui kerja praktik di industri, sehingga lulusan Teknik Kimia Universitas Pertamina diproyeksikan dapat bersaing di tingkat nasional dan global.

Mata kuliah Program Studi Teknik Kimia Universitas Pertamina mencakup sebagai berikut:

  • Tahun 1: Mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar teknik umum, di antarnya Kalkulus, Fisika Dasar, dan Kimia Dasar
  • Tahun 2 dan Tahun 3: mahasiswa diperkenalkan dengan ilmu-ilmu dasar Teknik Kimia, seperti Neraca Masa dan Energi, Termodinamika, Mekanika Fluida, Teknik Reaksi Kimia, dan lain-lain. Kerja praktik akan dilakukan pada Semester 6.
  • Tahun 4: perkuliahan difokuskan pada tugas akhir berupa disain pabrik kimia dan penelitian.

Secara umum, lulusan Teknik Kimia Universitas Pertamina dapat bekerja di berbagai bidang industri, di antaranya energi, engineering procurement construction, petrokimia, semen, kosmetik, farmasi, pangan, daily household items (consumer’s good), clothings, materials, industrial process safety, renewable energy dan berbagai industri kreatif. Selain itu, lulusan Teknik Kimia Universitas Pertamina dapat berkontribusi di sektor akademik atau riset, hukum, lingkungan, ekonomi dan pemerintahan.

Peminatan Program Studi Teknik Kimia Universitas Pertamina

  • Desain dan Optimasi Proses Kimia 
  • Rekayasa Material
  • Teknologi Bioproses

Kegiatan yang telah dilaksanakan

  1. Akademik
    1. Kuliah tamu tentang “Profesi Teknik Kimia” dengan pembicara Prof. Oki Muraza (King Fahd  University of Petroleum and Mineral)
    2. Kuliah tamu tentang “Keselamatan Proses Industri” dengan pembicara Dr. Kasprzak Leszek (Konsultan RDMP Pertamina Balikpapan)
    3. Workshop Pelatihan Aspen Hysis
    4. Lomba Aspen Hysis
  2. Penelitian
    1. Pengembangan Elektroda untuk Lithium Ion Battery (Pertamina Research Technology Center dan Prodi Kimia Universitas Pertamina).
    2. Pengembangan Photokatalis (Joint Grant dengan Universiti Teknologi Petronas dan Prodi Kimia Universitas Pertamina).
    3. Pengembangan Nanomaterial untuk Elektroda Lithium Ion Battery (Hibah Penelitian Dikti)
  3. Pengembangan Mahasiswa
    1. Pengenalan dunia kerja – ‘Pertamina Goes to Campus” dengan pembicara dari HR Pertamina (Indira Pratyaksa M.Si)